Rabu, 05 Maret 2014

Profil Cipulus

     Mata Air Cipulus secara geografis terletak di kaki gunung Tampomas,sebelah utara kota Sumedang dengan jarak tempuh kurang lebih 20km dari pusat kota Sumedang,tepatnya di dusun Conggeang desa Conggeang Wetan kecamatan Conggeang, Dengan panorama alam yang asri dan sejuk, Mata Air Cipulus sebagian airnya dipergunakan untuk mengairi lahan persawahan seluas 25ha dengan debet air 8,3 ltr/detik.



                         Gambar 1.1 Dibawah pohon karet gajan inilah Mata Air Cipulus berada
   
     Tempat ini merupakan objek wisata yang di gunakan sebagai tempat pemandian atau kolam renang alami yang mempunyai sumber mata air sendiri . Sejak tahun 1977 mata air cipulus sudah mulai terkenal sebagai objek wisata bagi penduduk lokal . Tempat wisata mata air cipulus ini terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh panorama pegunungan , menurut kepercayaan masyarakat setempat sumber mata air ini berasal dari aliran sungai bawah tanah yang mengalir dari kaki gunung Tampomas  yang letaknya 5 kilometer dari lokasi wisata ini.Uniknya lagi Mata Air Cipulus ini keluar dari bawah akar pohon karet Gajah yang besar dan rindang .
    
     Pemandian ini memiliki lingkungan yang sangat cocok bagi mereka yang mencari kedamaian dan relaksasi dari kebisingan hidup sehari-hari . Mata Air Cipulus merupakan salah satu destinasi wisata menarik di desa Conggeang Wetan dan berjarak tidak jauh dari Alun-Alun kecamatan Conggeang. Letaknya yang menghadap langsung ke perbukitan dan persawahan menjadi keindahan tersendiri . Bayangkan saat anda berendam anda juga di suguhkan panorama pegunungan yang menawan . Pemandian ini terbuka untuk umum baik itu tourist manca negara atau tourist lokal .
                        Gambar 1.2 Tampak dari atas,Mata Air Cipulus  dan kolam renang anak



Sumber mata air ini berada di sebelah barat kolam renang anak. Menurut legenda masyarakat,tempat ini sering digunakan sebagai tempat pemandian pada malam jum’at kliwon dan malam-malam yang di sakralkan,juga termasuk satu diantara tujuh sumber mata air yang berada di wilayah kecamatan Conggeang . Lokasi objek mata air cipulus ini memiliki tiga kolam renang, satu diantara tiga kolam merupakan kolam renang untuk dewasa dengan kedalaman 180cm dan yang satu lagi merupakan kolam renang untuk anak – anak, yang kedalamannya dibagi dua tahap, 60cm dan 90cm,Untuk kolam yang ketiga yaitu kolam terapi ikan dan kolam ikan segar. Wisata mata air cipulus ini mempunyai suasana alam yang sangat asri , airnya yang jernih , kondisi Air Cipulus yang sangat jernih menjadikan air didalam kolam tampak berwarna biru , dan lokasi mata air cipulus yang jauh dari keramaian akan membuat anda merasa sangat nyaman dan sangat rileks saat berada di pemandian mata air cipulus.


                                                      Gambar 1.3 Gedung Aula Pertemuan

     Selain di gunakan sebagai Tempat objek wisata, sumber dari mata air cipulus ini juga sering di gunakan untuk mengobati orang sakit . Di sekita air cipulus juga terdapat Aula Pertemuan,untuk Rakor,Meeteng,botram.dan di sebelah kiri gedung aula terdapat juga Taman Cipulus yang sering digunakan untuk Senam,telah dibangun juga Mushola,kamar bilas,kamar ganti,kamar mandi dan wc umum. Setiap minggu khususnya pada hari sabtu dan minggu,objek wisata air cipulus ini di jejali oleh wisatawan yang datang berombongan dengan keluarga masing – masing .
Dengan didukung oleh pembangunan desa setempat,kini akses jalan menuju wisata Mata Air Cipulus menjadi bagus, serta tempat parkir yang luas mempermudah para wisatawan yang berkunjung menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat.




1 komentar: